Kamis, 12 Januari 2012

Pengertian UPS
Luhur | March 26, 2011
Pengertian UPS secara umum
Pengertian UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS dari singkatannya adalah (uniinterruptible power supply) yang artinya Penyedia Tegangan Tak terjeda secara umum bila diartikan secara harfiah pengertian UPS adalah penyedia suplly listrik yang tidak terputus
Pengertian yang umum dimengerti oleh kebanyakan orang UPS itu alat untuk memberikan tenaga listrik cadangan pada komputer jika listrik utama (PLN) mati.Padahal pengertian UPS itu lebih luas lagi. Selain dari fungsi tadi, alat ini juga berguna untuk memberikan proteksi kepada beban misal komputer tentu beserta datanya dari kerusakan yang diakibatkan oleh sumber listrik yang kurang bagus.

Pengertian UPS
 Pengertian UPS (Uninteruptible Power Supply) merupakan system Penyedia daya listrik yang sangat penting dan diperlukan sekaligus dijadikan sebagai benteng dari kegagalan daya serta kerusakan system dan hardware karena memang biasanya dipasang di komputer untuk melindungi komputer anda kehilangan daya dan merusak sistem . UPS akan menjadi system yang sangat penting dan sangat diperlukan pada banyak perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, Jasa informasi, penyedia jasa internet dan banyak lagi. Dapat dibayangkan berapa besar kerugian yang timbul akibat kegagalan daya listrik jika system tersebut tidak dilindugi dengan UPS.

Fungsi Utama dari UPS 
Adapun fungsi utama UPS adalah sebagai berikut :
1. Dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN).
2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera menghidupkan Genset sebagai pengganti PLN.3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera melakukan back up data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melakukan shutdown sesuaiprosedur ketika listrik utama (PLN) padam.
4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggusistem komputer baik berupa kerusakan software,data maupun kerusakan hardware.5. UPS secara otomatis dapat melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahantegangan pada input sehingga tegangan output yang digunakan oleh sistem komputer berupategangan yg stabil.
6. UPS dapat melakukan diagnosa dan management terhadap dirinya sendiri sehinggamemudahkan pengguna untuk mengantisipasi jika akan terjadi gangguan terhadap sistem.7. User friendly dan mudah dalam installasi.
8. User dapat melakukan kontrol UPS melalui Jaringan LAN dengan menambahkan beberapaaccessories yang diperlukan.
9. Dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.
10. Notifikasi jika terjadi kegagalan dengan melakukan setting software UPS management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar