Jumat, 20 Januari 2012

SUBNET (subnetwork) 
Sebuah subnet (singkatan dari "subnetwork") adalah bagian terpisah dari jaringan identifiably organisasi. Biasanya, subnet dapat mewakili semua mesin pada satu lokasi geografis, dalam satu bangunan, atau pada jaringan area yang sama lokal (LAN). Memiliki jaringan organisasi dibagi ke dalam subnet memungkinkan untuk terhubung ke Internet dengan alamat jaringan tunggal bersama. Tanpa subnet, sebuah organisasi bisa mendapatkan beberapa sambungan ke Internet, satu untuk masing-masing subnetwork yang terpisah secara fisik, tetapi ini akan memerlukan penggunaan yang tidak perlu terbatasnya jumlah nomor jaringan Internet telah ditetapkan. Hal ini juga akan memerlukan bahwa Internet tabel routing pada gateway di luar organisasi perlu tahu tentang dan harus mengelola routing yang bisa dan harus ditangani dalam sebuah organisasi.
Internet adalah kumpulan jaringan yang pengguna berkomunikasi satu sama lain. Setiap komunikasi membawa alamat sumber dan jaringan tujuan dan mesin tertentu dalam jaringan yang terkait dengan pengguna atau komputer host pada setiap akhir. Alamat ini disebut alamat IP (Internet Protocol). Ini alamat 32-bit IP memiliki dua bagian: satu bagian mengidentifikasi jaringan (dengan nomor jaringan) dan bagian lainnya mengidentifikasi mesin tertentu atau host dalam jaringan (dengan nomor host). Suatu organisasi dapat menggunakan beberapa bit pada bagian mesin atau host dari alamat untuk mengidentifikasi subnet yang spesifik. Efektif, alamat IP kemudian berisi tiga bagian: nomor jaringan, jumlah subnet, dan nomor mesin.
Prosedur standar untuk menciptakan dan mengidentifikasi subnet disediakan dalam Permintaan Internet untuk 950 Komentar.
Alamat IP 32-bit sering digambarkan sebagai alamat titik (juga disebut notasi quad bertitik) - yaitu, empat kelompokPelajari Lebih Lanjut

    
Jaringan IP
    
Jaringan Sumber Daya
    
LAN (Local Area Networks)
(Atau quad) angka desimal yang dipisahkan oleh periode. Berikut adalah contohnya:

 
130.5.5.25
Masing-masing angka desimal merupakan string delapan digit biner. Jadi, alamat IP di atas benar-benar adalah ini string 0s dan 1s:

 
10000010.00000101.00000101.00011001
Seperti yang Anda lihat, kita dimasukkan periode antara setiap urutan delapan digit seperti yang kita lakukan untuk versi desimal dari alamat IP. Jelas, versi desimal alamat IP lebih mudah untuk membaca dan itulah bentuk yang paling umum digunakan.
Beberapa bagian dari alamat IP mewakili nomor jaringan atau alamat dan bagian beberapa mewakili alamat mesin lokal (juga dikenal sebagai nomor host atau alamat). Alamat IP dapat menjadi salah satu dari beberapa kelas, masing-masing menentukan berapa banyak bit mewakili jumlah jaringan dan berapa banyak mewakili nomor host. Kelas yang paling umum digunakan oleh organisasi-organisasi besar (Kelas B) memungkinkan 16 bit untuk nomor jaringan dan 16 untuk nomor host. Menggunakan contoh di atas, inilah cara alamat IP dibagi:



 
<- Alamat Jaringan -> <- Alamat -> 130,5. 5.25
Jika Anda ingin menambahkan subnetting ke alamat ini, maka beberapa bagian (dalam contoh ini, delapan bit) dari alamat host dapat digunakan untuk alamat subnet. Demikian:

 
<- Jaringan alamat -> <- alamat subnet -> <- Alamat -> 130,5. 5. 25
Untuk menyederhanakan penjelasan ini, kami telah membagi subnet menjadi delapan bit rapi tetapi sebuah organisasi dapat memilih beberapa skema lain menggunakan hanya sebagian dari quad ketiga atau bahkan bagian dari quad keempat.
Setelah sebuah paket telah tiba di gerbang sebuah organisasi atau titik koneksi dengan nomor jaringan yang unik, ia dapat dialihkan dalam gateway internal organisasi menggunakan nomor subnet. Router yang tahu bit untuk melihat (dan yang tidak untuk melihat) dengan melihat subnet mask, yang merupakan layar yang memberitahu Anda nomor yang nomor untuk melihat di bawahnya. Dalam topeng biner, "1" atas angka mengatakan "Lihatlah pada nomor di bawah", sebuah "0" mengatakan "Jangan lihat." Menggunakan masker menyimpan router harus menangani seluruh bit address 32; itu hanya dapat melihat bit dipilih oleh topeng.

1 komentar: